Minggu, 10 April 2022

Workshop Online Sagusablog 69

         


Sagusablog (Satu Guru Satu Blog) yang diprakarsai oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan diselenggarakan secara GRATIS oleh Mr Mung sebagai inovator dan narasumber dengan menggunakan media aplikasi telegram membuka tirai yang menyelimuti ruang diklat atau workshop bagi para guru untuk ikut meningkatkan kompetensi profesi dalam melakukan inovasi pembelajaran berbasis IT.


          Workshop Pembuatan Blog ini dapat diikuti secara gratis oleh semua anggota Ikatan Guru Indonesia (IGI). Untuk dapat mengikuti kegiatan workshop ini secara gratis kita harus mendaftarkan diri terlebih dahulu menjadi anggota Ikatan Guru Indonesia (IGI) melalui alamat Pendaftaran IGI Setelah kita terdaftar menjadi anggota IGI, maka kita dapat membuka website Sagusablog di sinilah kita bisa mendapatkan banyak pelatihan yang tentunya gratis untuk diikuti,

          Workshop Sagusablog terdiri dari dua macam yaitu Workshop Online Sagusablog Dasar dan Workshop Online Sagusablog Lanjutan. Untuk dapat mengikuti Workshop Sagusablog Lanjutan maka semua peserta diwajibkan menyelesaikan Workshop Sagusablog Dasar.

          Saat ini saya mengikuti Workshop Sagusablog Dasar angkatan ke 69. Banyak sekali ilmu baru yang saya dapatkan. Walaupun saya sudah memiliki beberapa blog yang saya buat sekitar 9 tahun lalu, ternyata masih banyak hal-hal baru yang belum saya pahami dalam pengelolaan blog. Dan dengan mengikuti Workshop Sagusablog Dasar maka semua ha; yang belum saya dapatkan dan belum saya pahami bisa saya dapatkan dari kegiatan ini. Dan hasilnya sungguh sangat mengembirakan. Saya jadi lebih paham dalam pengelolaan sebuah blog. Semua tertata dengan rapi dan simpel sehingga tidak membosankan bagi siapa saja yang ingin memanfaatkan blog saya.

        Berikut ini materi-materi yang saya pelajari dalam kegiatan Workshop Online Sagusablog Dasar :
1. Membuat blog dengan blogger
2. Mengganti dan mendasain templete bawaan bogger
3. Mendesain Header blog
4. Mengelola dan Menghias Blog
5. Membuat dan mengelola Menu Blog
6. Membuat dan Mengelola soal online di Goggle Drive (Google Formulir)

         Adapun materi yang akan dipelajari dalam Workshop Online Sagusablog Lanjutan adalah sebagai berikut :

  1. Membuat blog guru dengan engine blogger
  2. Mengganti template blog guru dengan template dari pihak ketiga
  3. Mendesain header blog guru dengan Adobe Photoshop
  4. Mengelola dan menghias blog guru
  5. Membuat soal online di Google Drive
  6. Custom Domain dengan domain premium / domain gratis
  7. Monetize Blog
  8. SEO (Search Engine Optimization)
          Terima kasih kepada Mr. Mung, para mentor Ibu Dyah Ayu Woro Wirateh, Ibu Meyrisa Ang, Ibu Fitriyah Retnowulan, dan Bapak Lukman Bin Bachtiar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar