Kamis, 24 Agustus 2023

Modul P5 : Gaya Hidup Berkelanjutan

Menjalankan hidup dengan menerapkan gaya hidup berkelanjutan semestinya menjadi keharusan bagi setiap orang yang tinggal di bumi ini. Hampir semua tindakan yang kita lakukan setiap hari, baik kecil ataupun besar akan berdampak pada lingkungan dan orang lain. Kita perlu mempertimbangkan akibat jangka panjang dari setiap tindakan yang kita lakukan. Perlu diingat juga bahwa kita bukanlah penguasa alam, tetapi bagian dari alam. Kita sendiri yang akan merasakan konsekuensi dari apa yang kita lakukan hari ini. Bahkan orang lain di sekitar kita pun akan merasakan konsekuensinya juga.

Tujuan Projek

Menumbuhkan kesadaran peserta didik untuk menjalankan hidup dengan mempertimbangkan akibat jangka panjang terhadap kelestarian lingkungan dari setiap tindakan yang dilakukan.

Target Pencapaian

Target yang ingin dicapai oleh peserta didik pada projek ini adalah :

  1. Peserta didik memahami konsep sebab akibat terhadap segala sesuatu yang terjadi di alam semesta, serta memiliki kesadaran untuk menjaga kelesatarian alam.
  2. Peserta didik mampu menerima dan memproses informasi dan gagasan yang diterima dengan menganalisis dan menentukan prioritas informasi yang relevan.
  3. Peserta didik mampu mengekspresikan pikiran dalam bentuk karya/tindakan, serta mengevaluasi dan mempertimbangkan dampaknya bagi orang lain.

Dimensi Profil Pelajar Pancasila

Melalui Pojek ini, siswa diharapkan telah mengembangkan secara spesifik dua dimensi profil pelajar Panasila, yakni (1) beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak Mulia, (2) bernalar kritis, dan (3) kreatif besrta subelemn terkait.

Dimensi : Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak Mulia

Elemen :

Akhlak kepada alam

Subelemen :

Memahami Keterhubungan Ekosistem Bumi

Target Pencapaian di Akhir Fase D

Memahami konsep sebab-akibat di antara berbagai ciptaan Tuhan & mengidentifikasi berbagai sebab yang mempunyai dampak baik buruk, langsung maupun tidak langsung, terhadap alam seemesta.

Subelemen :

Menjaga Lingkungan Alam Sekitar

Target Pencapaian di Akhir Fase D

Mewujudkan rasa syukur dengan berinisiatif untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan alam sekitarnya dengan mengajukan alternatif solusi dan mulai menerapkan solusi tersebut.

Dimensi : Bernalar Kritis

Elemen :

Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan

Subelemen :

Mengajukan pertanyaan

Target Pencapaian di Akhir Fase D

Mengajukan pertanyaan untuk klarifikasi dan interpretasi infomasi, serta mencari tahu penyebab dan kensekuensi dari informasi tersebut.

Subelemen :

Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan

Target Pencapaian di Akhir Fase D

Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan menganalisis informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu.

Dimensi : Kreatif

Elemen :

Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinil

Subelemen :

-

Target Pencapaian di Akhir Fase D

Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan atau tindakan, serta mengevaluasinya dan mempertimbangkan dampaknya bagi orang lain.


SPENDATRA CALINGMAS

Spendatra Cinta Lingkungan dengan Mengurangi Sampah 


Bagan : Alur Pelaksanaan Projek

Alur Kegiatan

Silahkan Klik Unduh

Asesmen Awal

Bubuhkan tanda centang (v) pada kolom YA atau TIDAK sesuai dengan kondisimu!
SS     :    Sangat Setuju
S       :    Setuju
TS     :    Tidak Setuju

Langkah-Langkah Projek

Tahap Orientasi

Pada tahap pengenalan ini, peserta didik mulai dikenalkan dengan konsep gaya hidup berkelanjutan beserta manfaatnya di masa mendatang. Melalui isu-isu terkait kelestarian lingkungan, peserta didik diajak mengidentifikasi sebab akibat dari tindakan yang secara langsung ataupun tidak langsung memiliki dampak terhadap lingkungan.

Aktivitas 1 : Sampah dan Dampaknya yang Mungkin Tidak Kita Sadari

Persiapan

  1. Perlengkapan audiovisual (HP Android)
  2. Alat tulis dan kertas (buku)
  3. Video sebagai bahan eksplorasi

PelaksanaanGuru mengawali kegiatan dengan melakukan tanya jawab terkait gaya hidup berkelanjutan

  1. Peserta didik mengamati 3 video yang telah disiapkan terkait sampah dan dampaknya yang selama ini tidak kita sadari
  2. Peserta didik menuliskan informasi menarik dari setiap video yang ditampilkan
  3. Peserta didik berpasangan dengan temannya (kelompok) mendiskusikan informasi menarik yang telah dicatat
  4. Peserta didik membuat resume hasil diskusi dalam bentuk peta konsep/infografis kemudian mempresentasikannya secara bergantian

Uraian Aktivitas

Pemantik

  1. Kita semua tahu bahwa membuang sampah sembarangan adalah hal yang tidak baik. Apakah kamu masih sering membuang sampah sembarangan?
  2. Menurutmu, dampak buruk apa sajakah yang bisa ditimbulkan jika membuang sampah sembarangan?
  3. Apakah dengan membuang sampah pada tempatnya sudah cukup untuk menjaga lingkungan dari dampak buruk yang bisa ditimbulkan oleh sampah?
Kegiatan Kelompok

Lihat, amati dan pelajari video yang dapat diakses melaluti tautan berikut kemudian lakukan aktivitas sesuai petunjuk!

Video 1


Video 2

Video 3



Berpikir Kritis

Tuliskan informasi menarik yang kamu peroleh dari masing-masing video di atas!

Video 1 :

....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Video 2 :

....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Video 3 :

....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Diskusi Kelompok

Diskusikan informasi yang sudah kamu dapatkan bersama kelompokmu. 
Kemudian refleksikan hasil diskusi kalian menjadi sebuah paragraf.

Hasil Refleksi
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Tes Formatif 1

Sajikan hasil refleksi kalian dalam bentuk infografis, bisa dalam bentuk digital (misal menggunakan aplikasi CANVA) atau nondigital.
Kemudian presentasikan hasilnya secara bergantian di depan kelas!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar