Kamis, 24 Agustus 2023

Modul P5 : Gaya Hidup Berkelanjutan (Kelas 8)

Lahan kosong yang terdapat di area SMPN 2 Trawas tidak selalu berupa tanah kosong yang tidak terawat, ditumbuhi rumput liar, dan penuh tumpukan sampah. Lahan kosong bisa berupa ruangan kosong yang tidak terpakai. Lahan-lahan kosong itu seolah tidak dimanfaatkan dan tidak memiliki kegunaan apa-apa. Padahal sebenarnya lahan kosong tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal untuk aktivitas pembelajaran, khususnya kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Ada satu alternatif pengembangan lahan kosong di lingkungan SMPN 2 Trawas, yaitu dengan melakukan budi daya sayuran organik dan hidroponik. Jika lahan kosongnya adalah kebun atau halaman yang terlantar maka dapat menyiapkan rak-rak yang digunakan untuk meletakkan wadah berisi media tanam sayuran organik dan hidroponik ini. 

Banyak keunggulan yang dapat diperoleh melalui budi daya sayuran organik dan hidroponik ini. Pertama, dapat dilakukan di lokasi manapun asalkan pencahayaan cukup. Kedua, perawatannya mudah dan praktis. Ketiga, jangka tanam yang singkat sehingga hanya butuh 30-40 hari dapat dipanen. Keempat, hasil sayurannya memiliki kandungan gizi yang tinggi dibanding dengan sayuran konvensional karena ditanam secara organik. Kelima, budi daya sayuran organik dan hidroponik ini dapat dikembangkan menjadi peluang usaha yang potensial.

Tujuan Projek

Menyusun dokumen yang mendeskripsikan perencanaan kegiatan projek sebagai panduan bagi pendidik dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tujuan penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam tema “Gaya hidup berkelanjutan

Target Pencapaian

Target yang ingin dicapai oleh peserta didik pada projek ini adalah 

  1. Menghasilkan sebuah produk berupa sayuran organik dan hidroponik
  2. Menumbuhkan sikap cinta dan peduli terhadap kelestarian lingkungan
  3. Menumbuhkan jiwa kewirausahaan.

Dimensi Profil Pelajar Pancasila

Melalui Pojek ini, siswa diharapkan telah mengembangkan secara spesifik dua dimensi profil pelajar Panasila, yakni (1) beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak Mulia, (2) bernalar kritis, dan (3) kreatif beserta subelemen terkait.

Dimensi : Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak Mulia

Elemen :

Akhlak kepada alam

Subelemen :

Memahami Keterhubungan Ekosistem Bumi

Target Pencapaian di Akhir Fase D

Memahami konsep sebab-akibat di antara berbagai ciptaan Tuhan & mengidentifikasi berbagai sebab yang mempunyai dampak baik buruk, langsung maupun tidak langsung, terhadap alam seemesta.

Subelemen :

Menjaga Lingkungan Alam Sekitar

Target Pencapaian di Akhir Fase D

Mewujudkan rasa syukur dengan berinisiatif untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan alam sekitarnya dengan mengajukan alternatif solusi dan mulai menerapkan solusi tersebut.

Dimensi : Bergotong Royong

Elemen :

Kolaborasi

Subelemen :

Melakukan kerja sama

Target Pencapaian di Akhir Fase D

Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama.

Dimensi : Kreatif

Elemen :

Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinil

Subelemen :

-

Target Pencapaian di Akhir Fase D

Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan atau tindakan, serta mengevaluasinya dan mempertimbangkan dampaknya bagi orang lain.

SPENDATRA CALINGMESO

 Spendatra Cinta Lingkungan dengan Menanam Sayur Organik


Bagan : Alur Pelaksanaan Projek

Alur Kegiatan

Silahkan Klik Unduh

Asesmen Awal

Bubuhkan tanda centang (v) pada kolom YA atau TIDAK sesuai dengan kondisimu!
SS     :    Sangat Setuju
S       :    Setuju
TS     :    Tidak Setuju

Langkah-Langkah Projek

Tahap Orientasi

Pada tahap pengenalan ini, peserta didik mulai dikenalkan dengan konsep gaya hidup berkelanjutan beserta manfaatnya di masa mendatang. Melalui isu-isu terkait kelestarian lingkungan, peserta didik diajak mengidentifikasi sebab akibat dari tindakan yang secara langsung ataupun tidak langsung memiliki dampak terhadap lingkungan.

Aktivitas 1 :  Pemahaman tentang budidaya sayur organik

Persiapan

  1. Perlengkapan audiovisual (HP Android)
  2. Alat tulis dan kertas (buku)
  3. Video sebagai bahan eksplorasi

Pelaksanaan

Guru mengawali kegiatan dengan melakukan tanya jawab terkait gaya hidup berkelanjutan

  1. Peserta didik mengamati 3 video yang telah disiapkan terkait budidaya sayuran organik
  2. Peserta didik menuliskan informasi menarik dari setiap video yang ditampilkan
  3. Peserta didik berpasangan dengan temannya (kelompok) mendiskusikan informasi menarik yang telah dicatat
  4. Peserta didik membuat resume hasil diskusi dalam bentuk peta konsep/infografis kemudian mempresentasikannya secara bergantian

Uraian Aktivitas

Pemantik

  1. Kita semua tahu bahwa mengkonsumsi sayuran organik itu sangat penting. Apakah yang kamu ketahui tentang sayuran organik?
  2. Menurutmu, dampak buruk apa sajakah yang bisa ditimbulkan jika menanam sayuran dengan menggunakan pupuk kimia buatan pabrik?
  3. Apakah dengan menanam sayuran organik sudah cukup untuk menjaga lingkungan dari dampak buruk yang bisa ditimbulkan oleh pupuk kimia buatan?
Kegiatan Kelompok

Lihat, amati dan pelajari video yang dapat diakses melaluti tautan berikut kemudian lakukan aktivitas sesuai petunjuk!

Video 1

Video 2

Video 3

Berpikir Kritis

Tuliskan informasi menarik yang kamu peroleh dari masing-masing video di atas!

Video 1 :

....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Video 2 :

....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Video 3 :

....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Diskusi Kelompok

Diskusikan informasi yang sudah kamu dapatkan bersama kelompokmu. 
Kemudian refleksikan hasil diskusi kalian menjadi sebuah paragraf.

Hasil Refleksi
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Tes Formatif 1

Sajikan hasil refleksi kalian dalam bentuk infografis, bisa dalam bentuk digital (misal menggunakan aplikasi CANVA) atau nondigital.
Kemudian presentasikan hasilnya secara bergantian di depan kelas!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar